Mencegah Dan Mengatasi Cacingan > Membuat Tulisan Tangan Menjadi Bagus

Membuat Tulisan Tangan Menjadi Bagus

Membuat Tulisan Tangan Menjadi Bagus

Anak-anak usia sekolah tentu sudah harus bisa menulis dengan baik serta bisa dibaca dengan benar. Berbeda dengan usia pra sekolah sebelumnya yang sebatas perkenalan. Nah, terkadang ada anak yang memang doyang menulis sehingga biasanya tulisanya memang rapi dan bagus. Tapi bagaimana bila ada yang kesulitan menulis dengan bagus atau ingin memperbaikinya?

Nah, beberapa tips berikut bisa anda coba ajarkan pada si kecil…. yuk.

  1. Pegang pensil dengan benar, yaitu dengan memegangnya menggunakan jari jempol, telunjuk dan jari tengah. Biar lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.
  2. Gunakan kertas bergaris untuk memandu tulisan.
  3. Menulis secara perlahan / tidak terburu-buru.
  4. Kurangi tekanan pensil pada kertas. Hal ini membuat lingkaran seperti kurva sulit dibentuk. Selain itu mengurangi tekanan berarti menghemat pensil yang patah dan menghindari kertas menjadi bolong dan robek.
  5. Sering-seringlah bermain yang menggunakan keahlian menulis sebagai bagian dari permainannnya, terutama permaianan olah kata.
  6. Seringlah berlatih menulis.

Nah, bila setelah menerapkan tips di atas ternyata anak masih kesulitan menulis dengan bagus, maka saatnya anda ekstra perhatian. Ada beberapa kasus dimana anak memelukan terapi khusus untuk mengatasinya. Tapi ada juga kemampuannya menulis meningkat sejalan bertambah usianya.

sumber : dokteranakku. com